Ikastara Photography Community goes to SMA Taruna Nusantara

Perjalanan Ikastara Photography Community (IPC) kali ini terasa spesial dengan menyambangi kampung halaman mereka,

kampus SMA Taruna Nusantara di kota Magelang, Jawa Tengah, pada hari Sabtu & Minggu, 17-18 Desember 2011.


Selain untuk bernostalgia, IPC juga mempunyai misi mulia dalam rangka program ”Bakti Alumni Untuk TN” yang bekerjasama dengan Divisi Kekerabatan PP Ikastara, dengan menyelenggarakan workshop untuk para pamong Humas & siswa SMATN bertajuk ”Fotografi Itu Mudah & Menyenangkan”, kompetisi foto dan sesi foto bersama para siswa, di bawah koordinasi Valentina Widyawati, TN15, sebagai ketua panitia.

 


Workshop ini diadakan di Ruang Baca Perpustakaan dengan dihadiri oleh 50 peserta.
Listya Aderina, TN13, sebagai MC membuka acara pada pukul 09.30 dengan perkenalan dan tebak-tebakan  sebagai icebreaker sambil menunggu peserta lain yang belum hadir.

Yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bebas oleh Prio Adhi Setiawan, TN4, yang khusus datang dari Hamburg, Jerman, untuk menghadiri wokrshop ini.

Para peserta dibagi dalam 6 kelompok untuk berpencar mencari objek sesuai elemen dasar fotografi : refleksi, perspektif, pattern, warna, shadow dan lengkung. Hal ini bertujuan untuk mengenali kesulitan apa yg mereka punya dan seberapa paham para peserta tentang fotografi, dengan metode deduktif.

Peserta berkumpul kembali sejam kemudian untuk melakukan bedah foto. Masing-masing kelompok diminta untuk mengumpulkan dan mempresentasikan 3 foto yang menurut mereka terbaik.

Setelah makan siang bersama, workshop dilanjutkan kembali.
Kali ini bertindak sebagai pembicara adalah Gamma Quieto Riantori, TN8, dan Ferry Dwi Putra, TN11, yang memaparkan sejarah dan aktivitas IPC serta para penggiatnya yang tersebar di seluruh Indonesia hingga Eropa, dari beragam keprofesian.

Sesi berikutnya tentang ”Mastering Photography” dibawakan dengan apik oleh Prio. Satu assignment menarik ditawarkan oleh Prio di awal dengan meminta setiap peserta mengambil potret yang mampu merepresentasikan diri mereka, dalam waktu 30 detik saja, dengan mode auto dan satu kali jepret. Ada banyak sekali interpretasi bebas dari para peserta tentang diri mereka.  Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa momen adalah segalanya. Dalam waktu singkat, kita harus bisa menangkap sebuah momen dengan alat apapun, karena mungkin tidak akan ada kesempatan kedua. Tiap orang bisa berbeda karena subyektif dan unik. Sehingga komposisi dan sudut pengambilan gambar ( angle ) menjadi penting.

Hanif Widyanto, TN13, kebagian menyajikan tentang “Fotografi Dasar”, khususnya tentang segitiga eksposure : ISO, Shutter Speed ( kecepatan rana ) dan Aperture ( bukaan lensa ). Ditunjang gaya yang atraktif, menggunakan kamera DSLR yang di-tether ke  laptop yang dihubungkan dengan proyektor sehingga menampilkan gambar di layar, agar peserta workshop bisa langsung memahami setiap elemen trisula eksposur dengan sederhana dan to the point.

Saat jeda, Listya membagi-bagikan doorprize berupa kaos IPC kepada para peserta yang mampu menjawab pertanyaan terkait materi workshop kali ini.

Selanjutnya, materi tentang ”Foto Jurnalistik” oleh Teguh, TN10, menjadi istimewa karena dibawakan langsung oleh praktisinya.  Dengan santai, Teguh menjelaskan tentang prinsip EDFAT ( entire, details, frame, angle & time ) yang menjadi nyawa dari genre foto jurnalistik ini.

Di akhir sesi, diumumkan pemenang kompetisi foto peserta yang jatuh ke tangan Adhitya Rizki dengan fotonya yang berjudul, “I Used to Seen It”.
Adhitya berhak atas hadiah miniatur pesawat Airbus A320 yang diimpor langsung dari pabriknya di Jerman, oleh Prio.


Seakan kurang puas “menghadiahi” para peserta workshop dengan materi fotografi & merchandise, IPC memberikan kejutan dengan adanya sesi tambahan tentang “Lighting” dari Adi Nugroho, TN7,  full-timer fotografer yang fasih memotret model dan konsep fotografi.

 

Sesi teori selesai, peserta langsung melakukan praktek foto konsep dengan tema yang dieksekusi oleh tiga kelompok : PDL, Marching Band dan Sport.

Prio, Gamma & Adhitya Herdiono, TN5 mendampingi kelompok Sport ( Basket, Karate, Taekwondo & Atletik ).

Adi, Ivan Sudirman, TN3 & Ferry di kelompok PDL.

Serta Hanif, Wahyu Dimas, TN8 & di Marching Band.

Acara terakhir sebagai bagian dari rangkaian kegiatan IPC di SMATN adalah sharing session tentang ”Manajemen Foto” oleh Adhitya, yang ditujukan untuk para pamong Humas SMATN. Hal ini bermanfaat karena salah satu fungsi Humas sebagai eksekutor penyimpanan dokumentasi SMATN yang tentunya memerlukan penanganan khusus terhadap foto-foto kegiatan yang ada agar tak lekang dimakan usia.


Sebagai penutup kegiatan, IPC beserta para siswa dan pamong berfoto bersama di GOR dan Pelataran Balairung Pancasila.

 

Demikian reportase kegiatan ”Bakti Alumni Untuk TN” berupa workshop, kompetisi foto & photosession yang diselenggarakan oleh Ikastara Photography Community (IPC).

Semoga semua ilmu dan pengetahuan yang kami bagikan kali ini mampu menjadi tambahan motivasi dan semangat bagi para siswa dan pamong SMATN untuk terus berkarya di bidang fotografi.

Terutama dengan hadirnya klub fotografi siswa di bawah koordinasi bulletin “Prasasti” yang diharapkan dapat bersinergi dengan tim Humas SMATN.

Sampai jumpa lagi dalam kesempatan berikutnya berkunjung ke kampus SMA Taruna Nusantara !!


Credit Photo : Gamma Quieto Riantori, Prio Adhi Setiawan, Hanif A. Widyanto, Adhitya Herdiono

 

Share

About aRfian

seorang photography enthusiast, masih newbie tapi. selain di genre2 umum (portrait, landscape) berminat juga di genre macro, iR, HDR bekerja sebagai web developer di perusahaan content provider di daerah mampang, jakarta selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Post Navigation